Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Laporan Akhir - Character Building : Pancasila - Binus University
LAPORAN AKHIR
Pembelajaran Di PAUD Aster Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila
Bersama Teach For Indonesia ( TFI )
Dosen : Noor Rachmat
MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh :
BINUS UNIVERSITY
2017
DAFTAR ISI :
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
1.3 Kegiatan
METODE KEGIATAN
2.1. Bentuk dan Rencana
2.2. Waktu Pelaksanaan
KONSEP KEGIATAN
PELAKSANAAN
3.1. Deskripsi Kegiatan
PENUTUP
KESIMPULAN
LAMPIRAN
PENDAHULUAN
1.2. Tujuan
2.1. Bentuk dan Rencana
2.2. Waktu Pelaksanaan
Konsep kegiatan pengajaran di PAUD Aster ini adalah pendekatan anak-anak secara sosial. Untuk pengajarannya, kami menerapkan pendidikan budi pekerti, melatih logika, jasmani, dan kreatifitas anak – anak selagi usia mereka masih dini. Kami akan menyampaikan pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan agar mereka dapat belajar dan bermain selayaknya anak – anak.
PELAKSANAAN
3.1. Deskripsi Kegiatan
( Pertemuan ) 1. Survey dan Perizinan
Hari/Tanggal : Senin, 16 Oktober 2017
Waktu : 7.40 - Selesai
Tempat : PAUD Aster
Berhubungan dengan tugas Character Building: Pancasila yang diberikan oleh Bina Nusantara University, kami mengerjakan dimulai dengan pertemuan 1, yaitu survey ke lokasi dimana kami akan mengajar.
Pada hari Senin,16 Oktober 2017, kelompok kami mengadakan survey ke Paud Aster. Paud Aster berlokasi di Jl. Cinda no 61, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116.Kami berkumpul di McDonald sekitar pukul 7.30. Lalu, kami berangkat ke Paud Aster kurang lebih 10 menit dari Mc Donald
Sekitar jam 7.40 kami tiba di Paud Aster. Pertama kami melihat situasi dan kondisi di Paud Aster tersebut. Kami melihat keramaian di Paud tersebut. Anak anak terlihat sangat ceria dengan senyum yang ramah. Kemudian kami melanjutkan kegiatan dengan meminta ijin untuk mengajar ditempat Paud Aster. Setelah permintaan kunjungan kami disetujui, kami berencana untuk kembali lagi ke Paud Aster.
Keesokan harinya, 17 Oktober 2017. Kami kembali ke Paud Aster untuk memberikan proposal. Sebelum menuju ke lokasi tersebut, kami mengajukan proposal untuk ditanda tangani oleh dosen CB kami, yaitu Bapak Noor Rachmat agar kami dapat surat pengantar.
Setelah itu, kami langsung menuju lokasi. Setibanya di Paud Aster kami langsung menemui Kepala Sekolah Paud tersebut. Setelah proposal dilihat dan disetujui kami mulai membicarakan jadwal mengajar kami.
Setelah semua yang dibicarakan selesai, kami pun akhirnya pulang dan kembali ke rumah masing-masing
( Pertemuan ) 2. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 1
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu tanggal 01 November 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.
LAMPIRAN
Absen:
Senin, 16 Oktober 2017
Pembelajaran Di PAUD Aster Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila
Bersama Teach For Indonesia ( TFI )
Dosen : Noor Rachmat
MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh :
- Charles Daswin ( 2101636684 )
- Dannys Dian Rachmantyo ( 2101639622 )
- Engelbertus Julian ( 2101643001 )
- Heizell Septianus ( 2101637062 )
- Stepanus Yulian ( 2101637283 )
BINUS UNIVERSITY
2017
DAFTAR ISI :
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
1.3 Kegiatan
METODE KEGIATAN
2.1. Bentuk dan Rencana
2.2. Waktu Pelaksanaan
KONSEP KEGIATAN
PELAKSANAAN
3.1. Deskripsi Kegiatan
PENUTUP
KESIMPULAN
LAMPIRAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Manusia
adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan perhatian, teman dan kasih
sayang dari sesamanyaçå. Setiap diri terikat dengan berbagai bentuk ikatan
dan hubungan, diantaranya hubungan emosional, sosial, ekonomi dan hubungan
kemanusiaan lainnya. Maka demi mencapainya kemajuan anak-anak bangsa, kita
sebagai makhluk sosial harus melakukan pendekatan dengan sesamanya secara sadar.
Kesadaran
tersebut harusnya membuat kita saling menolong dan melengkapi dengan orang
lain, terutama orang-orang di sekitar kita. Di luar lingkungan kehidupan kita
yang cukup nyaman, masih banyak sesama kita di luar sana yang masih memerlukan
bantuan. Misalnya saja anak-anak yatim piatu yang hidup di jalanan atau pun dibesarkan
di panti asuhan, atau juga anak-anak yang dalam usianya yang masih sangat dini
yang perlu akan bimbingan pembelajaran. Mereka perlu dibimbing dan dibina agar
saat tumbuh besar nanti, mereka bisa memiliki sikap dan pemikiran yang baik dan
bisa melanjutkan hidupnya sebagaimana mestinya dalam masyarakat.
Karena itu, dalam rangka memenuhi tugas akhir
mata kuliah Character Building: Pancasila ini, kami sebagai mahasiswa BINUS
University berniat untuk membantu sesama kami dengan melakukan kegiatan sosial.
Proposal yang kami buat ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan mengenai
kegiatan sosial yang akan kami selenggarakan, mulai dari target tujuannya,
kegiatan yang akan diadakan, serta refleksi dari masing-masing kami atas
kegiatan sosial yang telah dijalankan.
1.2. Tujuan
Dalam rangka melaksanakan tugas CB
Pancasila, kami selaku mahasiswa ingin mengadakan kegiatan mengajar di PAUD
Aster. Dengan tujuan:
- Meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.
- Berkontribusi untuk kemajuan anak-anak bangsa.
- Meningkatkan softskill pada diri kita dan juga anak-anak.
- Meningkatkan hardskill yang akan berguna untuk anak tersebut di kemudian hari.
- Memenuhi tugas Character Building : Pancasila.
1.3. Kegiatan
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan kami laksanakan
pada :
Tempat kegiatan: Paud Aster
Jl. Cinda no 61, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Banten
15116.
Waktu Pelaksanaan: 18 Oktober 2017
Ketua Pelaksanaan: Charles Daswin ( 2101636684 )
Anggota Pelaksana:
- Dannys Dian Rachmantyo ( 2101639622 )
- Engelbertus Julian ( 2101643001 )
- Heizell Septianus ( 2101637062 )
- Stepanus Yulian ( 2101637283 )
METODE KEGIATAN
2.1. Bentuk dan Rencana
Bentuk
pendekatan yang akan kami lakukan untuk mendidik anak-anak PAUD Aster seperti
berbaur dengan mereka, mengajar hal-hal yang sederhana yang seharusnya
didapatkan oleh anak-anak PAUD pada umumnya, serta mengajarkan mereka
beraktivitas diluar. Selain itu, kami berencana untuk mengajak mereka bermain
untuk melatihkan logika semasa kecil dan mewarnai untuk melatih imajinasi dan
kreatifitas mereka
2.2. Waktu Pelaksanaan
Waktu
pelaksanaan dibagi menjadi 5 pertemuan;
Survei
Hari/
Tanggal : Senin, 16 Oktober
2017
Waktu : 08.20 - selesai
Pertemuan 1
Hari/
Tanggal : Rabu, 18 Oktober
2017
Waktu : 08.00 – selesai
Pertemuan 2
Hari/
Tanggal : Senin, 23 Oktober
2017
Waktu : 08.00 - selesai
Pertemuan 3
Hari/
Tanggal : Rabu, 25 Oktober
2017
Waktu : 08.00 – selesai
Pertemuan 4
Hari/
Tanggal : Rabu, 1 November
2017
Waktu : 08.00 - selesai
KONSEP KEGIATAN
Konsep kegiatan pengajaran di PAUD Aster ini adalah pendekatan anak-anak secara sosial. Untuk pengajarannya, kami menerapkan pendidikan budi pekerti, melatih logika, jasmani, dan kreatifitas anak – anak selagi usia mereka masih dini. Kami akan menyampaikan pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan agar mereka dapat belajar dan bermain selayaknya anak – anak.
PELAKSANAAN
3.1. Deskripsi Kegiatan
( Pertemuan ) 1. Survey dan Perizinan
Hari/Tanggal : Senin, 16 Oktober 2017
Waktu : 7.40 - Selesai
Tempat : PAUD Aster
Berhubungan dengan tugas Character Building: Pancasila yang diberikan oleh Bina Nusantara University, kami mengerjakan dimulai dengan pertemuan 1, yaitu survey ke lokasi dimana kami akan mengajar.
Pada hari Senin,16 Oktober 2017, kelompok kami mengadakan survey ke Paud Aster. Paud Aster berlokasi di Jl. Cinda no 61, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116.Kami berkumpul di McDonald sekitar pukul 7.30. Lalu, kami berangkat ke Paud Aster kurang lebih 10 menit dari Mc Donald
Sekitar jam 7.40 kami tiba di Paud Aster. Pertama kami melihat situasi dan kondisi di Paud Aster tersebut. Kami melihat keramaian di Paud tersebut. Anak anak terlihat sangat ceria dengan senyum yang ramah. Kemudian kami melanjutkan kegiatan dengan meminta ijin untuk mengajar ditempat Paud Aster. Setelah permintaan kunjungan kami disetujui, kami berencana untuk kembali lagi ke Paud Aster.
Keesokan harinya, 17 Oktober 2017. Kami kembali ke Paud Aster untuk memberikan proposal. Sebelum menuju ke lokasi tersebut, kami mengajukan proposal untuk ditanda tangani oleh dosen CB kami, yaitu Bapak Noor Rachmat agar kami dapat surat pengantar.
Setelah itu, kami langsung menuju lokasi. Setibanya di Paud Aster kami langsung menemui Kepala Sekolah Paud tersebut. Setelah proposal dilihat dan disetujui kami mulai membicarakan jadwal mengajar kami.
Setelah semua yang dibicarakan selesai, kami pun akhirnya pulang dan kembali ke rumah masing-masing
( Pertemuan ) 2. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 1
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu, 18 Oktober 2017, kelompok kami berkunjung ke Paud Aster
untuk memulai kegiatan mendampingi anak-anak paud pada pertemuan 1.Pada
pukul 07.30, kami berkumpul lalu berangkat menuju Paud Aster.
Perjalanan kami menuju Paud Aster memakan waktu sekitar 10-15 menit.
( Pertemuan ) 3. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 2
Hari/Tanggal : Senin, 23 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Sekitar pukul 07.45, kami sampai di Paud Aster. Ketika
kami sampai di Paud Aster, anak-anak paud pun sudah ada yang datang dan
main- main di sekitar paud seperti main ayunan, lari-larian, dsb.
Kemudian kami bertemu dengan guru-guru yang mengajar di paud tersebut.
Lalu kami berbincang-bincang sebentar dengan guru-guru disana.
Pada pukul 08.00, kami memulai kegiatan dengan nyanyi-nyanyian, salam
sapa dengan guru, dan berdoa. Setelah itu, kami melakukan senam bersama
dengan anak-anak dan guru-guru. Di Paud Aster, terdapat rutinitas
kegiatan setiap hari rabu yaitu sebelum pembelajaran diawali dengan
senam bersama. Kemudian kami senam bersama sekitar 15-20 menit.
Sekitar pukul 08.20, kami selesai senam bersama. Kemudian anak-anak
paud diberikan waktu sekitar 25 menit untuk istirahat. Istirahat
tersebut ada yang digunakan untuk sarapan dengan mamanya, ada yg
bercanda dan mengobrol dengan kami. Sebagian besar anak-anak paud senang
kami datang kesana, tetapi ada beberapa anak yang takut kepada kami,
karena mereka mengira kami adalah dokter. Karena kami menggunakan
almameter sehingga mereka mengira kami ingin menyuntik mereka.
Pada pukul 08.45, kami memulai pembelajaran dengan menyanyi lagu-lagu
buatan Paud Aster. Setelah itu, guru-guru mempersilakan kami untuk
memperkenalkan diri. Setelah kami mengenalkan diri satu persatu, kami
pun memulai belajar mewarnai binatang. Sebelum kami memberikan kertas
untuk mewarnai, kami juga menjelaskan tentang binatang yang kami bawa
yang ada di dalam kertas tersebut. Lalu, kami memberikan kertasnya dan
anak-anak mulai mewarnai. Kami juga membantu anak-anak yang malas untuk
mewarnai dan kurang bisa mewarnai.
Sekitar pukul 09.40, anak-anak selesai mewarnai dan mengumpulkan kepada
kami. Lalu, kami juga bercanda dan mengobrol lagi dengan anak-anak.
Setelah itu, kami menutup kegiatan pada hari rabu itu dengan menyanyi,
salam sapa, dan doa. Setelah doa, kami memberikan pertanyaan seputar
binatang yang telah dibahas hari tersebut untuk mereview ulang. Kemudian
setelah memberi pertanyaan, anak-anak pulang ke rumah masing-masing.
( Pertemuan ) 3. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 2
Hari/Tanggal : Senin, 23 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu, 23 Oktober 2017,
kelompok kami berkunjung ke Paud Aster untuk memulai kegiatan mendampingi
anak-anak paud pada pertemuan 3.Pada pukul 07.30, kami berkumpul lalu berangkat
menuju Paud Aster. Perjalanan kami menuju Paud Aster memakan waktu sekitar
10-15 menit.
Sekitar pukul 08.50, selesai kami belajar mewarnai bersama. Kemudian anak-anak paud diberikan waktu sekitar 25 menit untuk istirahat. Istirahat tersebut ada yang digunakan untuk sarapan dengan mamanya, ada yg bercanda dan mengobrol dengan kami. Sebagian besar anak-anak paud senang kami datang kesana, tetapi ada beberapa anak yang takut kepada kami, karena mereka belum terlalu dekat dengan kami.
Sekitar pukul 09.50,setelah selesai belajar membaca. Lalu, kami juga bercanda dan mengobrol lagi dengan anak-anak. Setelah itu, kami menutup kegiatan pada hari senin itu dengan menyanyi, salam sapa, dan doa. Setelah doa, kami memberikan pertanyaan seputar binatang yang telah dibahas didalam buku tersebut. Kemudian setelah memberi pertanyaan, anak-anak pulang ke rumah masing-masing.
( Pertemuan ) 4. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 3
Hari/Tanggal : Rabu, 25 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.
Hari/Tanggal : Rabu, 1 November 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Sekitar
pukul 07.45, kami sampai di Paud Aster. Ketika kami sampai di Paud Aster,
anak-anak paud pun sudah ada yang datang dan main- main di sekitar paud seperti
main ayunan, berlari-lari, dsb. Kemudian kami bertemu dengan guru-guru yang
mengajar di paud tersebut. Lalu kami berbincang-bincang sebentar dengan
guru-guru disana.
Pada
pukul 08.00, kami memulai kegiatan dengan nyanyi-nyanyian, salam sapa dengan
guru, dan berdoa. Di Paud Aster,sesudah kami
meluangkan waktu untuk bertegur sapa , kemudian kemudian kami mencoba
untuk mengajarkan anak-anak paud untuk mewarnai binatang yang terdapat di buku
yang sudah ada di paud tersebut.
Sekitar pukul 08.50, selesai kami belajar mewarnai bersama. Kemudian anak-anak paud diberikan waktu sekitar 25 menit untuk istirahat. Istirahat tersebut ada yang digunakan untuk sarapan dengan mamanya, ada yg bercanda dan mengobrol dengan kami. Sebagian besar anak-anak paud senang kami datang kesana, tetapi ada beberapa anak yang takut kepada kami, karena mereka belum terlalu dekat dengan kami.
Pada pukul 09.15, kami memulai
pembelajaran dengan menyanyi lagu-lagu buatan Paud Aster. Setelah itu,
guru-guru mempersilakan kami untuk kembali mengajar , kamipun mulai mencoba
untuk mengajar membaca , untuk belajar membaca kami menggunakan buku yang ada di
paud aster. Sebelum itu kami juga menjelaskan huruf-huruf yang terdapat pada
buku tersebut, karena kami ingin anak-anak mengerti apa yang harus diperhatikan
saat membaca dan agar mereka dapat belajar membaca dengan lebih mudah.
Setelah membaca anak anak diberikan origami untuk dibuat berbagai kreasi sesuai kreativitas masing-masing
Setelah membaca anak anak diberikan origami untuk dibuat berbagai kreasi sesuai kreativitas masing-masing
Sekitar pukul 09.50,setelah selesai belajar membaca. Lalu, kami juga bercanda dan mengobrol lagi dengan anak-anak. Setelah itu, kami menutup kegiatan pada hari senin itu dengan menyanyi, salam sapa, dan doa. Setelah doa, kami memberikan pertanyaan seputar binatang yang telah dibahas didalam buku tersebut. Kemudian setelah memberi pertanyaan, anak-anak pulang ke rumah masing-masing.
( Pertemuan ) 4. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 3
Hari/Tanggal : Rabu, 25 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.
Setelah sampai di Paud Aster, kami langsung saja bertemu
dengan anak-anak sana. Seperti biasa ketika kami sampai di gerbang Paud,
anak anak di sana langsung saja menyapa kami dengan baik. Wajah wajah
yang ceria,murah senyum dan ramah sangat nampak dalam anak anak di Paud
Aster tersebut. Selain itu kami juga melihat anak anak lain yang sedang
bermain dengan teman-temannnya. Ada yang main ayunan dan ada juga yang
berlarian. Acara pada pagi ini dimulai pada pukul 08.00 dengan rutinitas
seperti biasa pada hari rabu di Paud Aster yaitu dengan bernyanyi,
berdoa untuk mengawali kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan senam agar
badan tetap sehat.Senam disini hanya senam yang ringan saja dikarenakan
anak kecil tidak boleh terlalu lelah.
Setelah senam selesai yaitu sekitar pukul 08.20,anak-anak
kemudian diberikan waktu istirahat sekitar 25 menit. Waktu istirahat ini
digunakan oleh anak anak dengan berbeda-beda. Ada yang mengisi waktu
istirahat dengan makan dengan mamanya,ada yang bermain-main,mengobrol
dengan teman lainnya juga. Namun ada yang lucu dari setiap hari kami
datang kesana yaitu ada seorang yang anak yang ketika melihat kami takut
dan kemudian tidak ingin masuk ke kelas dan malah nangis . Padahal kami
tidak bermaksud menakuti. Setelah membujuk pada akhirnya anak tersebut
tidak nangis lagi..
Pada pukul 08.45 dilanjutkan kembali dengan belajar mewarnai
.Tema mewarnainya pun berbeda beda tiap hari rabu. Rabu ini tema
mewarnai yaitu binatang yang hidup di air. Ketika kami memberi tahu
bahwa kita akan mewarnai binatang tersebut anak anak sangat antusias
sekali. Ada yang ingin mewarnai ikan, kepiting,gurita dan sebagainya.
Setelah memberikan gambar sesuai yang anak anak mau,kemudian langsung
saja anak anak mewarnainya. Kami juga ikut turut membantu mewarnai
anak-anak yang kurang bisa mewarnai. Kami mengajarkan bagaimana cara
mewarnai dengan baik sehingga menghasilkan tampilan yang indah.
Sekitar pukul 09.40 anak anak selesai mewarnai , Setelah
selesai kami langsung saja mengumpulkan hasil gambar dari anak-anak
sebagai bahan dokumentasi. Kemudian kami mengobrol dan bercanda dengan
anak anak. Ketika jam menunjukkan pukul 09.50 kami menutup kegiatan pada
pagi ini dengan doa. Setelah selesai doa anak-anak memberi salam kepada
pengajar dan juga kepada kami. Setelah itu anak-anak pun balik ke rumah
masing-masing
( Pertemuan ) 5. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 4 Hari/Tanggal : Rabu, 1 November 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster
Pada hari Rabu tanggal 01 November 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.
Setelah sampai di Paud Aster, kami langsung saja bertemu
dengan anak-anak sana. Seperti biasa ketika kami sampai di gerbang Paud,
anak anak di sana langsung saja menyapa kami dengan baik. Wajah wajah
yang ceria,murah senyum dan ramah sangat nampak dalam anak anak di Paud
Aster tersebut. Selain itu kami juga melihat anak anak lain yang sedang
bermain dengan teman-temannnya. Acara pada pagi ini dimulai pada pukul 08.00 dengan rutinitas
seperti biasa pada hari rabu di Paud Aster yaitu dengan bernyanyi,
berdoa untuk mengawali kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan senam agar
badan tetap sehat.Senam disini hanya senam yang ringan saja dikarenakan
anak kecil tidak boleh terlalu lelah.
Setelah senam selesai yaitu sekitar pukul 08.20, anak-anak
kemudian diberikan waktu istirahat sekitar 20 menit. Waktu istirahat ini
digunakan oleh anak anak dengan berbeda-beda, Ada yang mengisi waktu
istirahat dengan bermain ayunan dan berkumpul bersama mamanya, ada juga
yg bermain kucing. Namun ada malu - malus ketika kami ber 5 ingin
mengajar mereka dan aja juga yg takut kepada kakak Dannys Dian Rachmantyo sehingga nangis dan tidak ikut acara belajar bersama. Tetapi setelah membujuk anak tersebut dana pada akhirnya anak tersebut
tidak nangis lagi..
Pada pukul 08.45 dilanjutkan kembali dengan belajar mewarnai
.Tema mewarnainya pun berbeda beda tiap hari rabu. Rabu ini tema
mewarnai yaitu binatang yang hidup di udara. Ketika kami memberi tahu
bahwa kita akan mewarnai binatang tersebut anak anak sangat antusias
sekali. Ada yang ingin mewarnai burung kakak tua, burung hantu, kupu - kupu dan sebagainya.
Setelah memberikan gambar sesuai yang anak anak mau,kemudian langsung
saja anak anak mewarnainya. Kami juga ikut turut membantu mewarnai
anak-anak yang kurang bisa mewarnai. Kami mengajarkan bagaimana cara
mewarnai dengan baik sehingga menghasilkan tampilan yang indah.
Sekitar pukul 09.40 anak anak selesai mewarnai , Setelah
selesai kami langsung saja mengumpulkan hasil gambar dari anak-anak
sebagai bahan dokumentasi. Kemudian kami mereview materi kembali dengan
tema berbeda-beda. Ketika jam menunjukkan pukul 09.50 kami menutup
kegiatan pada
pagi ini dengan doa bersama. Setelah selesai doa anak-anak memberi
salam kepada
pengajar dan juga kepada kami. Setelah itu kami pun memberikan hadiah
berupa kenangan dari kamii sebagai wujud terima kasih kepada anak- anak
paud.
Setelahh ituu kami meminta kepada guru-guru paud untuk foto bersama
kepada anak - anak paud untuk sebagai kenangan dari kami. dan mereka
bilang "kalau ada waktu mampir kesini ya".
PENUTUP
Demikian
proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dari Bapak. Semoga acara ini
dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.
Atas
perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih.
KESIMPULAN
Setelah kami melakukan pendampingan selama 4 pertemuan kepada anak-anak dalam proses belajarnya, kami mendapatkan banyak sekali pelajaran dari sini. Anak - anak merupakan penerus bangsa yang harus memahami arti dari nilai - nilai Pancasila sehingga kami berusaha mencerminkan sikap - sikap berdasarkan Pancasila dalam mendampingi anak - anak. Tidak hanya itu, kami juga memberitahukan kepada mereka tentang setiap tindakan yang tidak sesuai dalam Pancasila sehingga mereka tidak mengulanginya lagi. Anak - anak dengan kegiatan seperti ini belajar bahwa sikap menghormati, sikap saling menghargai, sikap toleransi, sikap membantu itu sangatlah penting untuk mereka dalam usia dini. Dilihat dari segi usia yang masih dini, banyak sikap - sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila yang sudah terjadi pada diri anak. Seperti anak bersikap kasar kepada temannya, mengolok - olok dengan sebutan - sebutan yang tidak baik. Kesimpulannya adalah Pancasila itu sangatlah penting, terutama untuk anak usia dini. Para generasi muda harus memiliki sifat pribadi yang sesuai dengan pancasila. Dengan adanya pembelajaran Pancasila pada usia dini, maka para generasi muda kedepannya akan berpegang teguh pada pancasila dan berpribadi sesuai Pancasila
KESIMPULAN
Setelah kami melakukan pendampingan selama 4 pertemuan kepada anak-anak dalam proses belajarnya, kami mendapatkan banyak sekali pelajaran dari sini. Anak - anak merupakan penerus bangsa yang harus memahami arti dari nilai - nilai Pancasila sehingga kami berusaha mencerminkan sikap - sikap berdasarkan Pancasila dalam mendampingi anak - anak. Tidak hanya itu, kami juga memberitahukan kepada mereka tentang setiap tindakan yang tidak sesuai dalam Pancasila sehingga mereka tidak mengulanginya lagi. Anak - anak dengan kegiatan seperti ini belajar bahwa sikap menghormati, sikap saling menghargai, sikap toleransi, sikap membantu itu sangatlah penting untuk mereka dalam usia dini. Dilihat dari segi usia yang masih dini, banyak sikap - sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila yang sudah terjadi pada diri anak. Seperti anak bersikap kasar kepada temannya, mengolok - olok dengan sebutan - sebutan yang tidak baik. Kesimpulannya adalah Pancasila itu sangatlah penting, terutama untuk anak usia dini. Para generasi muda harus memiliki sifat pribadi yang sesuai dengan pancasila. Dengan adanya pembelajaran Pancasila pada usia dini, maka para generasi muda kedepannya akan berpegang teguh pada pancasila dan berpribadi sesuai Pancasila
LAMPIRAN
Absen:
Senin, 16 Oktober 2017
- Charles Daswin - Hadir
- Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
- Engelbertus Julian - Hadir
- Heizell Septianus - Hadir
- Stepanus Yulian - Hadir
- Charles Daswin - Hadir
- Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
- Engelbertus Julian - Hadir
- Heizell Septianus - Hadir
- Stepanus Yulian - Hadir
- Charles Daswin - Hadir
- Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
- Engelbertus Julian - Hadir
- Heizell Septianus - Hadir
- Stepanus Yulian - Hadir
- Charles Daswin - Hadir
- Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
- Engelbertus Julian - Hadir
- Heizell Septianus - Hadir
- Stepanus Yulian - Hadir
- Charles Daswin - Hadir
- Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
- Engelbertus Julian - Hadir
- Heizell Septianus - Hadir
- Stepanus Yulian - Hadir
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar