Langsung ke konten utama

Unggulan

Laporan Akhir - Character Building : Pancasila - Binus University

LAPORAN AKHIR

Pembelajaran Di PAUD Aster Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila
Bersama Teach For Indonesia ( TFI )
Dosen : Noor Rachmat


MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh :
  • Charles Daswin ( 2101636684 ) 
  •  Dannys Dian Rachmantyo ( 2101639622 ) 
  • Engelbertus Julian ( 2101643001 ) 
  •  Heizell Septianus ( 2101637062 ) 
  •  Stepanus Yulian ( 2101637283 )
KELAS : LK01
BINUS UNIVERSITY
2017

DAFTAR ISI :
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
1.3 Kegiatan
METODE KEGIATAN
2.1. Bentuk dan Rencana
2.2. Waktu Pelaksanaan
KONSEP KEGIATAN
PELAKSANAAN
3.1. Deskripsi Kegiatan
PENUTUP
KESIMPULAN
LAMPIRAN

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan perhatian, teman dan kasih sayang dari sesamanyaçå. Setiap diri terikat dengan berbagai bentuk ikatan dan hubungan, diantaranya hubungan emosional, sosial, ekonomi dan hubungan kemanusiaan lainnya. Maka demi mencapainya kemajuan anak-anak bangsa, kita sebagai makhluk sosial harus melakukan pendekatan dengan sesamanya secara sadar. Kesadaran tersebut harusnya membuat kita saling menolong dan melengkapi dengan orang lain, terutama orang-orang di sekitar kita. Di luar lingkungan kehidupan kita yang cukup nyaman, masih banyak sesama kita di luar sana yang masih memerlukan bantuan. Misalnya saja anak-anak yatim piatu yang hidup di jalanan atau pun dibesarkan di panti asuhan, atau juga anak-anak yang dalam usianya yang masih sangat dini yang perlu akan bimbingan pembelajaran. Mereka perlu dibimbing dan dibina agar saat tumbuh besar nanti, mereka bisa memiliki sikap dan pemikiran yang baik dan bisa melanjutkan hidupnya sebagaimana mestinya dalam masyarakat.
Karena itu, dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Character Building: Pancasila ini, kami sebagai mahasiswa BINUS University berniat untuk membantu sesama kami dengan melakukan kegiatan sosial. Proposal yang kami buat ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan mengenai kegiatan sosial yang akan kami selenggarakan, mulai dari target tujuannya, kegiatan yang akan diadakan, serta refleksi dari masing-masing kami atas kegiatan sosial yang telah dijalankan.

1.2. Tujuan
Dalam rangka melaksanakan tugas CB Pancasila, kami selaku mahasiswa ingin mengadakan kegiatan mengajar di PAUD Aster. Dengan tujuan:
    1. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.
    2. Berkontribusi untuk kemajuan anak-anak bangsa.
    3. Meningkatkan softskill pada diri kita dan juga anak-anak.
    4. Meningkatkan hardskill yang akan berguna untuk anak tersebut di kemudian hari.
    5. Memenuhi tugas Character Building : Pancasila.


1.3. Kegiatan
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan kami laksanakan pada :
Tempat kegiatan: Paud Aster
Jl. Cinda no 61, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116.

Waktu Pelaksanaan: 18 Oktober 2017

Ketua Pelaksanaan:   Charles Daswin ( 2101636684 )
Anggota Pelaksana: - Dannys Dian Rachmantyo ( 2101639622 )
- Engelbertus Julian ( 2101643001 )
- Heizell Septianus ( 2101637062 )
- Stepanus Yulian ( 2101637283 )




METODE KEGIATAN

2.1. Bentuk dan Rencana
Bentuk pendekatan yang akan kami lakukan untuk mendidik anak-anak PAUD Aster seperti berbaur dengan mereka, mengajar hal-hal yang sederhana yang seharusnya didapatkan oleh anak-anak PAUD pada umumnya, serta mengajarkan mereka beraktivitas diluar. Selain itu, kami berencana untuk mengajak mereka bermain untuk melatihkan logika semasa kecil dan mewarnai untuk melatih imajinasi dan kreatifitas mereka

2.2. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan dibagi menjadi 5 pertemuan;
Survei
Hari/ Tanggal               : Senin, 16 Oktober 2017
Waktu                         : 08.20 - selesai
Pertemuan 1
Hari/ Tanggal               : Rabu, 18 Oktober 2017
Waktu                         : 08.00 – selesai
Pertemuan 2
Hari/ Tanggal               : Senin, 23 Oktober 2017
Waktu                         : 08.00 - selesai
Pertemuan 3
Hari/ Tanggal               : Rabu, 25 Oktober 2017
Waktu                         : 08.00 – selesai
Pertemuan 4
Hari/ Tanggal               : Rabu, 1 November 2017
Waktu                         : 08.00 - selesai



KONSEP KEGIATAN

Konsep kegiatan pengajaran di PAUD Aster ini adalah pendekatan anak-anak secara sosial. Untuk pengajarannya, kami menerapkan pendidikan budi pekerti, melatih logika, jasmani, dan kreatifitas anak – anak selagi usia mereka masih dini. Kami akan menyampaikan pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan agar mereka dapat belajar dan bermain selayaknya anak – anak.

PELAKSANAAN

3.1. Deskripsi Kegiatan
( Pertemuan ) 1. Survey dan Perizinan 

Hari/Tanggal : Senin, 16 Oktober 2017
Waktu : 7.40 - Selesai
Tempat  :  PAUD Aster 

Berhubungan dengan tugas Character Building: Pancasila yang diberikan oleh Bina Nusantara University, kami mengerjakan dimulai dengan pertemuan 1, yaitu survey ke lokasi dimana kami akan mengajar.

          Pada hari Senin,16 Oktober 2017, kelompok kami mengadakan survey ke Paud Aster. Paud Aster berlokasi di Jl. Cinda no 61, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116.Kami berkumpul di McDonald sekitar pukul 7.30. Lalu, kami berangkat ke Paud Aster kurang lebih 10 menit dari Mc Donald

          Sekitar jam 7.40 kami tiba di Paud Aster. Pertama kami melihat situasi dan kondisi di Paud Aster tersebut. Kami melihat keramaian di Paud tersebut. Anak anak terlihat sangat ceria dengan senyum yang ramah. Kemudian kami melanjutkan kegiatan dengan meminta ijin untuk mengajar ditempat Paud Aster. Setelah permintaan kunjungan kami disetujui, kami berencana untuk kembali lagi ke Paud Aster.

           Keesokan harinya, 17 Oktober 2017. Kami kembali ke Paud Aster untuk memberikan proposal. Sebelum menuju ke lokasi tersebut, kami mengajukan proposal untuk ditanda tangani oleh dosen CB kami, yaitu Bapak Noor Rachmat agar kami dapat surat pengantar.

           Setelah itu, kami langsung menuju lokasi. Setibanya di Paud Aster kami langsung menemui Kepala Sekolah Paud tersebut. Setelah proposal dilihat dan disetujui kami mulai membicarakan jadwal mengajar kami.
Setelah semua yang dibicarakan selesai, kami pun akhirnya pulang dan kembali ke rumah masing-masing




( Pertemuan ) 2. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 1

Hari/Tanggal : Rabu, 18 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat  : PAUD Aster

Pada hari Rabu, 18 Oktober 2017, kelompok kami berkunjung ke Paud Aster untuk memulai kegiatan mendampingi anak-anak paud pada pertemuan 1.Pada pukul 07.30, kami berkumpul lalu berangkat menuju Paud Aster. Perjalanan kami menuju Paud Aster memakan waktu sekitar 10-15 menit.          

               Sekitar pukul 07.45, kami sampai di Paud Aster. Ketika kami sampai di Paud Aster, anak-anak paud pun sudah ada yang datang dan main- main di sekitar paud seperti main ayunan, lari-larian, dsb. Kemudian kami bertemu dengan guru-guru yang mengajar di paud tersebut. Lalu kami berbincang-bincang sebentar dengan guru-guru disana.

                Pada pukul 08.00, kami memulai kegiatan dengan nyanyi-nyanyian, salam sapa dengan guru, dan berdoa. Setelah itu, kami melakukan senam bersama dengan anak-anak dan guru-guru. Di Paud Aster, terdapat rutinitas kegiatan setiap hari rabu yaitu sebelum pembelajaran diawali dengan senam bersama. Kemudian kami senam bersama sekitar 15-20 menit.
                Sekitar pukul 08.20, kami selesai senam bersama. Kemudian anak-anak paud diberikan waktu sekitar 25 menit untuk istirahat. Istirahat tersebut ada yang digunakan untuk sarapan dengan mamanya, ada yg bercanda dan mengobrol dengan kami. Sebagian besar anak-anak paud senang kami datang kesana, tetapi ada beberapa anak yang takut kepada kami, karena mereka mengira kami adalah dokter. Karena kami menggunakan almameter sehingga mereka mengira kami ingin menyuntik mereka. 

                Pada pukul 08.45, kami memulai pembelajaran dengan menyanyi lagu-lagu buatan Paud Aster. Setelah itu, guru-guru mempersilakan kami untuk memperkenalkan diri. Setelah kami mengenalkan diri satu persatu, kami pun memulai belajar mewarnai binatang. Sebelum kami memberikan kertas untuk mewarnai, kami juga menjelaskan tentang binatang yang kami bawa yang ada di dalam kertas tersebut. Lalu, kami memberikan kertasnya dan anak-anak mulai mewarnai. Kami juga membantu anak-anak yang malas untuk mewarnai dan kurang bisa mewarnai.

                Sekitar pukul 09.40, anak-anak selesai mewarnai dan mengumpulkan kepada kami. Lalu, kami juga bercanda dan mengobrol lagi dengan anak-anak. Setelah itu, kami menutup kegiatan pada hari rabu itu dengan menyanyi, salam sapa, dan doa. Setelah doa, kami memberikan pertanyaan seputar binatang yang telah dibahas hari tersebut untuk mereview ulang. Kemudian setelah memberi pertanyaan, anak-anak pulang ke rumah masing-masing.


( Pertemuan ) 3. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 2

Hari/Tanggal : Senin, 23 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat  : PAUD Aster
Pada hari Rabu, 23 Oktober 2017, kelompok kami berkunjung ke Paud Aster untuk memulai kegiatan mendampingi anak-anak paud pada pertemuan 3.Pada pukul 07.30, kami berkumpul lalu berangkat menuju Paud Aster. Perjalanan kami menuju Paud Aster memakan waktu sekitar 10-15 menit.          
               Sekitar pukul 07.45, kami sampai di Paud Aster. Ketika kami sampai di Paud Aster, anak-anak paud pun sudah ada yang datang dan main- main di sekitar paud seperti main ayunan, berlari-lari, dsb. Kemudian kami bertemu dengan guru-guru yang mengajar di paud tersebut. Lalu kami berbincang-bincang sebentar dengan guru-guru disana.

                Pada pukul 08.00, kami memulai kegiatan dengan nyanyi-nyanyian, salam sapa dengan guru, dan berdoa. Di Paud Aster,sesudah kami  meluangkan waktu untuk bertegur sapa , kemudian kemudian kami mencoba untuk mengajarkan anak-anak paud untuk mewarnai binatang yang terdapat di buku yang sudah ada di paud tersebut.

                Sekitar pukul 08.50, selesai kami belajar mewarnai bersama. Kemudian anak-anak paud diberikan waktu sekitar 25 menit untuk istirahat. Istirahat tersebut ada yang digunakan untuk sarapan dengan mamanya, ada yg bercanda dan mengobrol dengan kami. Sebagian besar anak-anak paud senang kami datang kesana, tetapi ada beberapa anak yang takut kepada kami, karena mereka belum terlalu dekat dengan kami.

                Pada pukul 09.15, kami memulai pembelajaran dengan menyanyi lagu-lagu buatan Paud Aster. Setelah itu, guru-guru mempersilakan kami untuk kembali mengajar , kamipun mulai mencoba untuk mengajar membaca , untuk belajar membaca kami menggunakan buku yang ada di paud aster. Sebelum itu kami juga menjelaskan huruf-huruf yang terdapat pada buku tersebut, karena kami ingin anak-anak mengerti apa yang harus diperhatikan saat membaca dan agar mereka dapat belajar membaca dengan lebih mudah.
Setelah membaca anak anak diberikan origami untuk dibuat berbagai kreasi sesuai kreativitas masing-masing

                Sekitar pukul 09.50,setelah selesai belajar membaca. Lalu, kami juga bercanda dan mengobrol lagi dengan anak-anak. Setelah itu, kami menutup kegiatan pada hari senin itu dengan menyanyi, salam sapa, dan doa. Setelah doa, kami memberikan pertanyaan seputar binatang yang telah dibahas didalam buku tersebut. Kemudian setelah memberi pertanyaan, anak-anak pulang ke rumah masing-masing.

( Pertemuan ) 4. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 3

Hari/Tanggal : Rabu, 25 Oktober 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat : PAUD Aster

Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.

           Setelah sampai di Paud Aster, kami langsung saja bertemu dengan anak-anak sana. Seperti biasa ketika kami sampai di gerbang Paud, anak anak di sana  langsung saja menyapa kami dengan baik. Wajah wajah yang ceria,murah senyum dan ramah sangat nampak dalam anak anak di Paud Aster tersebut. Selain itu kami juga melihat anak anak lain yang sedang bermain dengan teman-temannnya. Ada yang main ayunan dan ada juga yang berlarian. Acara pada pagi ini dimulai pada pukul 08.00 dengan rutinitas seperti biasa pada hari rabu di Paud Aster yaitu dengan bernyanyi, berdoa untuk mengawali kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan senam agar badan tetap sehat.Senam disini hanya senam yang ringan saja dikarenakan anak kecil tidak boleh terlalu lelah.

          Setelah senam selesai yaitu sekitar pukul 08.20,anak-anak kemudian diberikan waktu istirahat sekitar 25 menit. Waktu istirahat ini digunakan oleh anak anak dengan berbeda-beda. Ada yang mengisi waktu istirahat dengan makan dengan mamanya,ada yang bermain-main,mengobrol dengan teman lainnya juga. Namun ada yang lucu dari setiap hari kami datang kesana yaitu ada seorang yang anak yang ketika melihat kami takut dan kemudian tidak ingin masuk ke kelas dan malah nangis . Padahal kami tidak bermaksud menakuti. Setelah membujuk pada akhirnya anak tersebut tidak nangis lagi..

          Pada pukul 08.45 dilanjutkan kembali  dengan belajar mewarnai .Tema mewarnainya pun berbeda beda tiap hari rabu. Rabu ini tema mewarnai yaitu binatang yang hidup di air. Ketika kami memberi tahu bahwa kita akan mewarnai binatang tersebut anak anak sangat antusias sekali. Ada yang ingin mewarnai ikan, kepiting,gurita dan sebagainya. Setelah memberikan gambar sesuai yang anak anak mau,kemudian langsung saja anak anak mewarnainya. Kami juga ikut turut membantu mewarnai anak-anak yang kurang bisa mewarnai. Kami mengajarkan bagaimana cara mewarnai dengan baik sehingga menghasilkan tampilan yang indah.

          Sekitar pukul 09.40 anak anak selesai mewarnai , Setelah selesai kami langsung saja mengumpulkan hasil gambar dari anak-anak sebagai bahan dokumentasi. Kemudian kami mengobrol dan bercanda dengan anak anak. Ketika jam menunjukkan pukul 09.50 kami menutup kegiatan pada pagi ini dengan doa. Setelah selesai doa anak-anak memberi salam kepada pengajar dan juga kepada kami. Setelah itu anak-anak pun balik ke rumah masing-masing

( Pertemuan ) 5. Kunjungan belajar di PAUD Aster ke 4  

Hari/Tanggal : Rabu, 1 November 2017
Waktu : 08.00 - 10.00
Tempat  : PAUD Aster

  Pada hari Rabu tanggal 01 November 2017 kami kembali datang ke Paud Aster guna melanjutkan kegiatan mendampingi anak anak. Sebelum datang ke Paud tersebut berkumpul dengan anggota kelompok kami sekitar pukul 07 30 .Kemudian setelah berkumpul kami langsung saja ke Paud Aster .Perjalanan kami memakan waktu sekitar 10-15 menit.

           Setelah sampai di Paud Aster, kami langsung saja bertemu dengan anak-anak sana. Seperti biasa ketika kami sampai di gerbang Paud, anak anak di sana  langsung saja menyapa kami dengan baik. Wajah wajah yang ceria,murah senyum dan ramah sangat nampak dalam anak anak di Paud Aster tersebut. Selain itu kami juga melihat anak anak lain yang sedang bermain dengan teman-temannnya. Acara pada pagi ini dimulai pada pukul 08.00 dengan rutinitas seperti biasa pada hari rabu di Paud Aster yaitu dengan bernyanyi, berdoa untuk mengawali kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan senam agar badan tetap sehat.Senam disini hanya senam yang ringan saja dikarenakan anak kecil tidak boleh terlalu lelah.
          Setelah senam selesai yaitu sekitar pukul 08.20, anak-anak kemudian diberikan waktu istirahat sekitar 20 menit. Waktu istirahat ini digunakan oleh anak anak dengan berbeda-beda, Ada yang mengisi waktu istirahat dengan bermain ayunan dan berkumpul bersama mamanya, ada juga yg bermain kucing. Namun ada malu - malus ketika kami ber 5 ingin mengajar mereka dan aja juga yg takut kepada kakak Dannys Dian Rachmantyo sehingga nangis dan tidak ikut acara belajar bersama. Tetapi setelah membujuk anak tersebut dana pada akhirnya anak tersebut tidak nangis lagi..

          Pada pukul 08.45 dilanjutkan kembali  dengan belajar mewarnai .Tema mewarnainya pun berbeda beda tiap hari rabu. Rabu ini tema mewarnai yaitu binatang yang hidup di udara. Ketika kami memberi tahu bahwa kita akan mewarnai binatang tersebut anak anak sangat antusias sekali. Ada yang ingin mewarnai burung kakak tua, burung hantu, kupu - kupu dan sebagainya. Setelah memberikan gambar sesuai yang anak anak mau,kemudian langsung saja anak anak mewarnainya. Kami juga ikut turut membantu mewarnai anak-anak yang kurang bisa mewarnai. Kami mengajarkan bagaimana cara mewarnai dengan baik sehingga menghasilkan tampilan yang indah.

          Sekitar pukul 09.40 anak anak selesai mewarnai , Setelah selesai kami langsung saja mengumpulkan hasil gambar dari anak-anak sebagai bahan dokumentasi. Kemudian kami mereview materi kembali dengan tema berbeda-beda. Ketika jam menunjukkan pukul 09.50 kami menutup kegiatan pada pagi ini dengan doa bersama. Setelah selesai doa anak-anak memberi salam kepada pengajar dan juga kepada kami. Setelah itu kami pun memberikan hadiah berupa kenangan dari kamii sebagai wujud terima kasih kepada anak- anak paud.

        Setelahh ituu kami meminta kepada guru-guru paud untuk foto bersama kepada anak - anak paud untuk sebagai kenangan dari kami. dan mereka bilang "kalau ada waktu mampir kesini ya". 

PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dari Bapak. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

KESIMPULAN
Setelah kami melakukan pendampingan selama 4 pertemuan kepada anak-anak dalam proses belajarnya, kami mendapatkan banyak sekali pelajaran dari sini. Anak - anak merupakan penerus bangsa yang harus memahami arti dari nilai - nilai Pancasila sehingga kami berusaha mencerminkan sikap - sikap berdasarkan Pancasila dalam mendampingi anak - anak. Tidak hanya itu, kami juga memberitahukan kepada mereka tentang setiap tindakan yang tidak sesuai dalam Pancasila sehingga mereka tidak mengulanginya lagi. Anak - anak dengan kegiatan seperti ini belajar bahwa sikap menghormati, sikap saling menghargai, sikap toleransi, sikap membantu itu sangatlah penting untuk mereka dalam usia dini. Dilihat dari segi usia yang masih dini, banyak sikap - sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila yang sudah terjadi pada diri anak. Seperti anak bersikap kasar kepada temannya, mengolok - olok dengan sebutan - sebutan yang tidak baik. Kesimpulannya adalah Pancasila itu sangatlah penting, terutama untuk anak usia dini. Para generasi muda harus memiliki sifat pribadi yang sesuai dengan pancasila. Dengan adanya pembelajaran Pancasila pada usia dini, maka para generasi muda kedepannya akan berpegang teguh pada pancasila dan berpribadi sesuai Pancasila

LAMPIRAN
Absen:
Senin, 16 Oktober 2017 
  • Charles Daswin - Hadir
  • Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
  • Engelbertus Julian - Hadir
  • Heizell Septianus - Hadir
  • Stepanus Yulian - Hadir
Rabu, 18 Oktober 2017
  • Charles Daswin - Hadir
  • Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
  • Engelbertus Julian - Hadir
  • Heizell Septianus - Hadir
  • Stepanus Yulian - Hadir
Senin, 23 Oktober 2017
  • Charles Daswin - Hadir
  • Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
  • Engelbertus Julian - Hadir
  • Heizell Septianus - Hadir
  • Stepanus Yulian - Hadir
Rabu, 25 Oktober 2017
  • Charles Daswin - Hadir
  • Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
  • Engelbertus Julian - Hadir
  • Heizell Septianus - Hadir
  • Stepanus Yulian - Hadir
Rabu, 1 November 2017
  • Charles Daswin - Hadir
  • Dannys Dian Rachmantyo - Hadir
  • Engelbertus Julian - Hadir
  • Heizell Septianus - Hadir
  • Stepanus Yulian - Hadir



 

Komentar